Kategori processor laptop

Centrino

Merupakan sebuah platform yaitu gabungan penggunaan hardware dari intel yang meliputi processor, chipset, kartu grafis, ethernet & Wifi adapter. Laptop yang menggunakan platform centrino bawaan hardwarenya ( processor, chipset, kartu grafis, ethernet & Wifi adapter ) menggunakan buatan intel

Core Duo & Core Solo.

Core Duo adalah processor intel penerus generasi pentium M yang termasuk dalam intel Core microarchitecture. Terdiri dari 2 core dalam 1 die ( fisik ) dan dibekali dengan L2 Cache sebesar 2 Mb. Sedangkan Core Solo pada dasarnya sama dengan Core Duo, hanya saja core yang satunya tidak diaktifkan, sehingga sama dengan single core.

Pentium Dual Core

Pentium Dual Core berbeda dengan Core Duo dari segi generasi dan besarnya L2 Cache. Untuk generasinya masih dalam jajaran intel pentium. L2 Cache yang dimiliki hanya 1 Mb, sehingga kinerjanya masih dibawah Core Duo

Celeron

Processor ini dikhususkan untuk segmen value / budget terbatas dengan kinerja cukup. Letak perbedaannya dari processor intel lain adalah penggunaan L2 Cache yang sedikit, hanya 512Kb saja.

Atom

Sebuah solusi untuk laptop yang hemat daya dengan dimensi yang mini. Processor intel atom telah banyak digunakan oleh netbook dengan ukuran layar 7″ – 10″. Untuk kinerja, karena mementingkan konsumsi daya yang hemat, maka terbatas pada aplikasi yang ringan dan masih dibawah processor intel lain.

Sempron

Processor dari AMD yang dikeluarkan untuk menandingi intel celeron yang bergerak di segmen value. Dengan kinerja yang sama, namun didukung dengan kartu grafis / VGA yang lebih baik yaitu ATI Radeon.

Turion & Turion X2

AMD mengeluarkan processor khusus untuk laptop dengan nama Turion ( single core ) dan Turion X2 sebagai tandingan untuk processor intel sekelas Dual Core, Core Solo, Core Duo, dan Core 2 Duo. Meskipun kinerjanya belum dapat menyamai intel, akan tetapi ada keunggulan laptop yang menggunakan processor ini. Yaitu bawaan kartu grafis / VGA ATI Radeon memiliki kinerja yang lebih baik daripada milik intel

Athlon Neo

Merupakan processor untuk laptop dengan dimensi mini dan tipis serta konsumsi daya yang rendah. Secara tidak langsung processor ini menandingi intel atom, tetapi dengan kinerja yang lebih dan konsumsi daya yang sedikit lebih besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s