Laptop gaming di 2009

Pilih – pilih laptop untuk kebututuhan gaming / ngegame harus jeli dan teliti. Sebab untuk menjalankan sebuah game, tidak hanya diukur dari processor saja. Ketika kita bermain game, hardware yang berperan besar dalam proses pengolahan grafik adalah VGA. Selain itu memory juga penting, sebab sekarang banyak game yang memakan banyak sumber daya memory. VGA di laptop yang ideal untuk bermain game adalah yang bertipe dedicated / discrete atau terpisah dengan board laptop. Sebab VGA tersebut berdiri secara mandiri dan memiliki memory sendiri. Contoh VGA discrete ( ATI 3450 & 4330, nVidia 9300 & 9600. Berbeda dengan VGA onboard yang memory / RAMnya masih share atau bergabung dengan memory / RAM pada laptop. Berikut ini beberapa review terhadap laptop gaming.

1. HP Compaq C515 / CQ40-416 AU Termurah di kelasnya

AMD Athlon X2 QL-64 2.1Ghz | 1GB DDR2 | 250GB HDD | DVD±RW | LAN | WiFi | VGA ATI Radeon HD3200 512MB (shared) | Web Camera | Card Reader | 14″ WXGA

Harga di banderol sekitar 4 juta-an

Laptop hitam elegan ini berasal dari produsen HP dengan seri Compaq telah mengusung VGA ATI Radeon 3200. Meskipun menggunakan VGA / grafis onboard, tapi kemampuan VGA ATI Radeon 3200 paling tinggi dibanding VGA onboard lain seperti intel GMA X3100/4500 MHD & setara dengan nVidia GeForce 8400 / G 105, lihat reviewnya disini


2. MSI EX 460 Core 2 Duo + ATI Radeon 4330 discrete

Core 2 Duo T6500 2,1 Ghz | 2GB DDR2 | 320GB HDD | DVD±RW | LAN | WiFi | VGA ATI Radeon HD4330 512MB DDR2 ( discrete ) | Web Camera | Card Reader | 14″ WXGA

Laptop dari MSI yang selama ini terkenal dengan produsen mainboardnya. Di dalamnya sudah dibenamkan sebuah discrete graphics ATI Radeon 4330 dengan memory 512MB DDR2 dedicated. Ditambah lagi dengan dukungan processor Core 2 Duo dan RAM 2GB. Selain itu designnya menarik dan berukuran tipis, cukup stylish.

Harga kisaran 6 juta-an

3. FORSA FS 5681 Spesifikasi tinggi dengan harga yang murah

Intel Core 2 Duo T7700-2.4Ghz | 2GB DDR2 | 250GB HDD | DVD±RW | LAN | WiFi | VGA nVidia GeForce 9600 M GT 256MB DDR3 ( discrete ) | Web Camera | Card Reader | 14″ WXGA

Laptop gaming dari produsen lokal, untuk spesifikasi hardware adalah yang tertinggi dan paling murah diantara merk lain di kelasnya

Harga di banderol sekitar 7 juta-an


Merk / Brand lain yang patut dipertimbangkan, yang memiliki VGA / Graphic card yang mumpuni untuk gaming

Acer 5450 ( AMD Turion X2 M520 + ATI Radeon 4200 ) –> 5 juta-an


ASUS K410N ( Intel Dual Core T4200 + nVidia Ge Force G 102 M ) –> 5 juta-an


BenQ R47-L E18 ( Intel Dual Core T4200 + nVidia Ge Force 9300 Gs ) –> 7 juta-an


HP Probook 4411S ( Intel Centrino 2 T6570 + ATI Radeon 4330 ) –> 8 juta-an

MSI GX 633 ( AMD Athlon X2  Ultra + nVIDIA Geforce GT 130M ) –> 9 juta-an

ASUS F83SE ( Core2 Duo P8700 + ATI Radeon 4570 ) –> 9 juta-an


42 thoughts on “Laptop gaming di 2009

  1. hati2 buat yang mau beli laptop pake nvidia 84xx atau 86xx. benq s41-447 saya dipake satu tahun 7 bulan, ga terlalu sering gaming, tiba2 chip VGA nya rusak pada 31 desember 2009.

    ternyata saya tidak sendiri, banyak pengguna laptop lain mengalami masalah serupa. tampaknya chip VGA seri 84xx dan 86xx memang defect semua. seri 9xxx ada kemungkinan juga rusak, jadi kalau mau beli laptop gaming, mendingan pilih ATI buat amannya.

    saya sendiri saat ini sedang mengincar MSI EX 460 yang harganya cukup murah. saya beli benq s41-447 (1,5 ghz c2d, 512 mb, 8600m gs) yang harganya 9.5 juta pada april 2008, tapi speknya dibawah msi, ditambah rusak pula. :(

    • wah sdr. calvin,,,terimakasih share pengalamannya,,sangat berguna
      jadi begitu ya, memang menurut saya rata2 VGA nvidia memiliki komputasi cepat dan panas, mungkin karena itu, nyatanya saya pernah punya VGA nVidia Gigabyte 6600 silent pipe Zalman, cm berapa bulan dah mati. Sekarang lagi pake ATI, visualnya bagus dan dingin..

      • d pasaran,kyaknya yg pling mudah ditemui MSI,lainnya rata2 nvidia. liat Forsa 5681 pke Nvidia 9600,kyknya pling tinggi tuh dri yg lain. bandingin sama merk yg lbih trkenal kyk Dell / Acer,dll dgn spek yg sama harganya hampir 10 juta-an..

        ada lenovo seri Y brpa aq lupa,dah pake ATI 4330,hrganya 7-jutaan jg,,atw HP Probook 4411s ( ATI 4330 ) skalian aja,,nmbah dkit seh,,haha

    • ..itu kisaran dn bersadarkan harga pada saat bulan desember,sekarang mungkin lebih murah,tergantung naik turunnya dollar juga

    • kalo VGA Card chipset nvidia yg buat PC bisa ditambah / diganti pendinginnya, bisa aja, banyak kok yg nyediain pendingin buat VGA kyk mer2 zalman, cooler master, dll. Pendingin yg bagus itu ga cuma pake heatsink, tapi lebih bagus lagi ada kipas buat buang panas.

  2. saya memiliki laptop hp probook 4411s,
    setelah saya instal ulang pake os win7ultimate 32 bit kok ketika saya menginstal ATInya tidak terdetect di displaynya??
    mohon solusinya,
    mksi,

  3. napa ya, spek komputer yang ditawarkan hampir sama, tp harganya beda2?
    apa tergantung merk atau ada yg lain, yang mempengaruhinya? ato gengsi kali!? hiih…hii

    • yupz betul, kan para produsen belinya alias kulakan barangnya juga sama mas, jadi harga pasti ga beda2 jauh. Nah yg membedakan adalah, kualitas dari sisi material/bahan baku luar, tipe komponen, bea impor/pajak, dan merk juga berpengaruh. Biasanya akan kelihatan nanti kalo dipakai dalam waktu lama, kualitas keseluruhannya itu lho.

      terimakasih telah berkunjung

  4. saya mau beli laptop utk kprluan grafis dan game smacam the sims. Ada yg rekomendasiin MSI EX460.. tp saya msh ragu krn saya jarang dgr merknya (tadinya saya lirik compaq)

    Tapi krn baca blog ini saya jd mulai sedikit prcaya pd MSI. Mgkn saya ny aja yg krg gaul jd jrg dgr MSI >.<

    Tp, saya mau memastikan lg buat yg udh nyoba make MSI. Apakah MSI EX460 produk yang bs dikategorikan berkualitas? Trz, sevice centernya ada di Indonesia gak? Lokasi saya di Bdg.. Thanks..

    • hmm,kalo itu kebutuhannya yg pnting pilih laptop yg menggunakan VGA Card / kartu grafis yg mumpuni. Disarankan yg dedicated ( memiliki memory sendiri ). MSI di dunia hardware komputer sudah cukup terkenal. Lini produksinya sudah banyak, mulai dari motherboard, VGA Card, PC, Laptop, dll. Secara kualitas, pabrikan asal taiwan ini sekelas dengan ASUS, Gigabyte, dan merk besar lainnya. Untuk info lebih lanjut, buka saja websitenya.

      Salam,terimakasih

    • itu kelebihannya di mobilitasnya, kn layarnya 12″ jadi portabel, ringan, nyaman untuk dibawa – bawa. Klo spesifikasi processornya sudah bagus yaitu Intel Core 2 Duo 2.4 Ghz. Tapi untuk grafis SIS Mirage 3+ up to 256MB, menurut saya tidak tepat untuk gaming

      berikut spesifikasi lengkap yg saya dapat : Notebook Axioo Neon MLC 4122 mengunakan Chipset : SiS M672 + SiS968 Chipset Ghrapics : SIS Mirage 3+ up to 256MB dapat menambah kinerja Notebook anda. Intel Core 2 Duo 2.4 Ghz, 1 GB DDR2, 12.1″ Wide, LAN, Wi-Fi, DVD Dual, Web Cam.

  5. klo mw beli laptop yg bisa customize kya desktop…??
    mgkn bru dgr ya klo ada laptop yg ky gni alias jeroannya bisa pilih2 sndiri…
    coba liat di situs HP cz disitu laptopny bisa di customize sesuai keinginan tp di sesuaikn ma typeny ya ga sembarangan loh…
    u/ harga dia memakai dollar amerika ($US)
    met mencoba… ^_^

  6. mas saya mau nanya klo untuk ukuran laptop standard HP Compaq C515 AMD ok ga?saya plng menggunakan laptop untuk trading n sometime maen game FM gt.klo boleh saya mau tau kelebihan n kekurangannya
    trim’z

    • Game FM = Football Manager?lancar deh mas, graphicnya aja ATI Radeon HD 3200, meskipun onboard tapi performanya jauh diatas onboard intel dan bersaing dengan nvidia. Selain itu graphic / VGA ATI punya ke khas-an di efek visual yang jernih dan bagus dibanding graphic / VGA lain sekelas. Menurut saya laptop dengan platform AMD ATI memiliki nilai lebih dalam spesifikasi, performa yang sama di kelasnya, tapi memiliki kekhasan tersebdiri ( tidak pasaran, hehe ). Kekurangannya, mungkin anggapan miring tentang platform AMD ATI yang panas dan boros batterai. Itu tidak sepenuhnya benar, misal seperti suhu tergantung pada bagaimana produsen merancang pendinginan, kemudian daya tahan batterai juga tergantung pada spesifikasi batterai serta komputasi / penggunaan laptop.

  7. aloo,,,mas mas mas…

    salam hangat dari medan.,,

    mo tanya aku….pengen beli laptop murah…laptop nya sih mau aku gunakan untuk desain ,,,paling keras aplikasi nya 3dmax ama skectup…teruss ilusstratorr..

    kira kira,,,solusi nya laptop apa ea ???merk?? speck ??

    teruss klo di aplikasi kan ke PC dekstop..kira kira speck nya apa ea ???

    mohon bantuan nya…

    tolong balas kan ke email saya..

  8. Ya benar sekali saya memakai acer aspire 4540….. wiieehhh jangan di tanya setelah saya upgrade memori mnjadi 2 Gb dar game yang menengah sampai keatas…. bisa di lakoni dengan baik oleh laptop ini… tapi saya klo di install xp tak maksimal jalanya saya sja dah 10 ngotak-ngatik supaya kompetibel semuanya tapi apa daya itu kan sttingan pabrika.. dah ga bisa di apa2in…. pokoknya zoooozzzzz ACER 4540…

    • yupz,jelas saja bung,VGA ATI tambah RAM 2Gb,manstab deh….nah itu malesnya,klo downgrade ke windows xp ga well,,hmm,ini semacam “kongkalikong” acer dengan microsoft mungkin ya,biar kita pada pake windows 7,maybe..tapi ada brand laptop yg masih menyediakan support untuk windows xp yaitu ASUS dan lenovo

  9. mas mau tanya,saya kan pke C515, pgin instal game dgn format PS3, misalnya PES 2010, bisa ga …
    .lum saya coba sih takutny mubadzir…..
    terima kasih

      • om bedany VGA 64bit,128bit, n 256bit, itu apa..sberapa pnting buat game atw aktivutas biasa..

      • itu adalah buswidth. Semakin besar nilainya, kemampuan VGAnya juga semakin bagus. Sangat penting untuk gaming, minimal yang dibutuhkan 128bit.

  10. pagi mas anistosha syahreza ( dia dia dia )
    mau menjawab kebingungan dan keraguan yang ada di hati saya , tolong di bantu yakk .
    saya mau membeli laptop asus gaming (dota,cod,pb,dan sederajat ) sekali seumur hidup , jadi gag mau slah pilih !! kisaran harganya 7-9 juta , apa ya pakmasbrow ? and belinya dimana (sbb saya di palembang ) tolong sangat !! tirimakasih

    • halo mas ucritt terajang, haha saya bukan saudara afgan syahreza. Coba anda cek di website bhinneka.com. Kalo budgetnya 7-9jt, saya reccomend asus seri N43SL, U46SV, insya alloh itu dah ok buat grafis dan gaming, coz dah diperkuat processor intel core i5, vga nvidia 2gb plus garansi asus 2 tahun.

  11. trus vga nvidia ngaruh gag ke chip vga nya ? takut nya seperti laptop toshiba temen saya .. baru di maenin game 3 bulan dah kayak kukang , padaahal sudah windows7 dan core i7 ??
    pliss help me !! hh

Leave a Reply

